Jl. Gatot Subroto No.6, Brambangan, Purwodadi, 58111 ulp@grobogan.go.id
  • 3banner2.jpg
  • lt6012ae6544c64.jpg
  • b.jpg
  • Pelatihan_Pengadaan_Barang_dan_Jasa_Pemerintah_2019_-_03.png
  • blangkon_jateng2.jpg
  • Untitled5.jpg
  • TEMPLATE-COVER-1920-X-500-01-1200x700.jpg

BIMBINGAN TEKNIS PENGUMUMAN RENCANA UMUM PENGADAAN (RUP) APBD-P TA 2022

IMG 20220906 WA0010
Guna peningkatan kualitas dalam penyusunan dan pengumuman RUP, Pemkab Grobogan melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Grobogan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan dan Pengumuman Rencana Umum Pengadaan (RUP) OPD APBD-P Tahun Anggaran 2022 di Gedung Riptaloka Setda Grobogan, Selasa (6/9/2022).
“Rencana Umum Pengadaan Barang/Jasa adalah daftar rencana pengadaan barang/jasa yang akan dilaksanakan oleh Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah. RUP disusun setelah penetapan alokasi anggaran”, ujar Sekda Grobogan Dr. Ir. Moh. Sumarsono, M.Si Sekda Kabupaten Grobogan
menjelaskan bahwa setelah DPRD Kabupaten Grobogan menetapkan RAPBD-P 2022, maka semua anggaran harus dimasukkan dalam RUP melalui aplikasi SiRUP (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan) Versi 3 pada situs www.sirup.lkpp.go.id . Hal tersebut adalah amanat pasal 22 Perpres No. 16 Tahun 2018 sebagaimana telah diubah dengan Perpres No. 12 Tahun 2021 tentang perubahan atas Perpres No. 16 Tahun 2018.
Lebih lanjut, Moh. Sumarsono menerangkan bahwa pengadaan barang/jasa, baik dengan metode tender, tender cepat, seleksi, non-tender, pencatatan non-tender, maupun pencatatan swakelola tidak bisa dilakukan apabila belum disusun dan diumumkannya RUP suatu paket pekerjaan. Oleh karena itu perlu penyusunan dan pengumuman paket pekerjaan terlebih dahulu sehingga kode RUP terbentuk dan akan menjadi dasar dalam semua jenis pengadaan.
“Cermati dan perhatikan dalam menyusun dan mengumumkan RUP baik dalam hal pemaketan, pemilihan metode pengadaan, rencana waktu pemilihan, rencana pelaksanaan kontrak, maupun dalam menentukan pagu anggaran sehingga Rencana Umum Pengadaan semua OPD akan dapat disusun dengan baik, benar, dan tepat waktu”, tegasnya. 
Sekda Grobogan berpesan kepada segenap peserta agar dapat mengikuti bimtek dengan baik. Sehingga outcome yang diharapkan yakni peningkatan kualitas pengadaan barang/jasa di Kabupaten Grobogan dapat tercapai. Seturut dengan hal itu, artinya dapat meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Grobogan.
Sementara itu Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Grobogan Muhlisin mengungkapkan maksud diselenggarakannya bimbingan teknis ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang tatacara penggunaan aplikasi SiRUP Versi 3 sebagai sarana penyusun perencanaan pengadaan barang/ jasa. Sedangkan untuk tujuannya adalah agar seluruh OPD mampu menyusun dan mengumumkan RUP APBD-P Tahun Anggaran 2022 secara baik, benar dan tepat waktu sesuai amanat Perpres No.12 Tahun 2021.
Hadir dalam acara tersebut narasumber dari Direktorat Perencanaan, Monitoring, dan Evaluasi Pengadaan (PMEP) LKPP RI, dan 58 peserta dari perwakilan OPD dan Bagian di Lingkungan Setda Grobogan.

No thoughts on “BIMBINGAN TEKNIS PENGUMUMAN RENCANA UMUM PENGADAAN (RUP) APBD-P TA 2022”

Leave your comment

In reply to Some User

Super User